Mengenali kurikulum merdeka belajar kemdikbud, jalan memahami karakteristik siswa dan mengacu pada pengembangan softskill.

Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud adalah sebuah kurikulum pembelajaran yang memiliki struktur yang beragam, dimana dalam kurikulum ini akan membuat siswa menjadi lebih optimal dalam mempunyai waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan juga menguatkan kompetisi.

Kurikulum merdeka belajar ia akan memberikan kebebasan peserta didik untuk bisa mendapatkan atau menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dari lingkungan belajar para peserta didik.

Tujuan Dibentuk Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud

Dibentuknya Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud ini adalah untuk dilakukannya penyederhanaan kurikulum dalam beberapa kondisi khusu atau disebut dengan kurikulum darurat, dalam mengatasi ketertinggalan pembelajaran atau learning loss di masa pandemi saat itu.

Hasil yang didapatkan ini membuat efektifitas kurikulum untuk menangani kondisi khusus semakin menguatkan akan pentingnya perubahan rancangan serta strategi pada implementasi kurikulum yang lebih komprehensif.

Hasil yang didapatkan dari tujuan pembentukan kurikulum merdeka ini adalah, sebanyak 31,5 persen sekolah menentukan jika kurikulum darurat ini berhasil mengurangi dampak pandemi sebanyak 73 persen dalam bentuk literasi dan 86 persen berbentuk numerasi.

Selain itu, kurikulum ini merupakan sebuah langkah terobosan yang berguna untuk membantu para guru dan juga kepala sekolah dalam mengubah proses belajar mengajar menjadi lebih relevan dari sebelumnya dan jauh lebih menyenangkan dan juga mendapalam.

Tentunya hal ini akan membuat peserta didik bisa memahami pembelajaran yang dilakukan secara jauh lebih baik. Lalu adakah karakteristik dari Kurikulum Merdeka belajar?

Karakteristik Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud

Terdapat berbagai karakteristik utama dalam kurikulum merdeka ini yang bertujuan untuk memulihkan pembelajaran, karakteristik tersebut antara lain:

  1. Pengembangan Kompetensi dan Karakter

Lebih banyak waktu untuk mengembangkan kompetensi dan karakter melalui sebuah pembelajaran kelompok, dengan sebuah konteks nyata atau yang disebut dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

  1. Fokus Tujuan Materi

Berfokus pada materi yang esensial, sehingga hal ini akan membuat proses pembelajaran lebih mendalam.

  1. Menjunjung Aksi Gotong Royong

Mengedepankan aksi gotong royong dari seluruh pihak, sebagai bentuk dukungan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud.

  1. Mencapai Tingkat Pembelajaran Fleksibel

Mencapai tingkat pembelajaran dan per fase dan jam pelajaran yang jauh lebih fleksibel untuk mendorong waktu pembelajaran yang menyenangkan serta relevan dengan kebutuhan para pelajar dan juga kondisi dalam satuan pendidikan.

  1. Pelaksanaan Pembelajaran Berkualitas

Memberi fleksibilitas yang ditujukan untuk pendidik dan juga dukungan dari perangkat ajar serta materi pelatihan yang digunakan untuk mengembangkan kurikulum satuan pendidikan dan terlaksananya pembelajaran yang lebih berkualitas.

Keunggulan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud

Selain itu terdapat beberapa keunggulan dari terlaksananya Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud  ini yang diterapkan di berbagai sekolah atau satuan pendidikan secara merata, keunggulan tersebut antara lain:

  1. Materi Lebih Sederhana

Tujuan diciptakannya Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud adalah untuk membuat materi yang lebih fokus terhadap esensial serta pengembangan kompetensi para peserta didik dalam fasenya. Selain itu proses pembelajaran yang diharapkan akan jauh lebih mendalam, tidak tergesa-gesa, menyenangkan, tapi tetap bermakna.

  1. Merdeka Memilih Minat

Para peserta didik khususnya dalam jenjang SMA akan diperbolehkan memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, aspirasi dan juga bakatnya masing-masing. Guru yang mengajarkannya pun diharapkan dapat sesuai dengan tahap pencapaian dalam perkembangan peserta didik.

Dalam hal ini sekolah pun mempunyai wewenang untuk dapat mengembangkan serta mengelola kurikulum sesuai dengan karakteristik dalam satuan pendidik dan juga para peserta didik.

  1. Memberikan Interaktif Tinggi

Pemanfaatan melalui Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud ini akan membuat banyak kegiatan proyek yang akan memberikan kesempatan lebih luas untuk para peserta didik agar secara aktif terlibat dalam mengeksplorasi isu-isu yang aktual seperti lingkungan, kesehatan, pendidikan dan masih banyak lainnya.

Hal ini akan menjadikan pengembangan karakter dan kompetensi pada profil pelajar pancasila.

Kesimpulan

Nah itu lah dia penjelasan mengenai Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud yang bisa kamu perhatikan mulai dari pengertian, tujuan, sampai keunggulannya dan penerapannya yang dilakukan di sekolah maupun satuan pendidikan serta untuk para pendidik dan juga siswa-siswi nya.

Konsep yang dimiliki Kurikulum Merdeka Belajar Kemdikbud mengacu pada digitalisasi yang membuat dampak positif terhadap penggunaan dan pemanfaatan teknologi secara lebih interaktif dengan sumber daya yang ada di tengah masyarakat.