Berbagai jenis surat izin sekolah yang wajib dipahami para siswa. Dengan penulisan yang benar beserta langkah yang sesuai. Temukan langkahnya disini!

Surat izin sekolah merupakan surat yang buat oleh para siswa atau orang tua siswa guna memberitahu bahwa siswa tidak dapat masuk sekolah akibat alasan tertentu di hari dibuatnya surat tersebut. Berbagai alasan surat izin tersebut seperti urusan keluarga, urusan tertentu, dan urusan lainnya. Dengan adanya surat tersebut membuat para pihak guru dapat tahu tentang keadaan siswa mereka yang tidak dapat masuk. Maka dari itu saya akan paparkan dan jelaskan tentangan bagaimana cara membuat surat tersebut dengan baik dan benar beserta langkahnya, simak terus penjelasan dibawah!

Cara Membuat Surat Izin Sekolah

  1. Alamat Sekolah dan Nama Sekolah

Langkah pertama ini merupakan hal yang penting dalam pembuatan surat izin sekolah. Tulislah alamat lengkap sekolah Anda serta Nama sekolah agar jelas kepada lembaga mana surat ini akan dituju. Hal tersebut membuat kejelasan dalam pengiriman surat Anda ke suatu lembaga yang Anda tuju.

  1. Tempat dan Tanggal Berapa Penulisan Surat

Langkah berikutnya, yaitu menulis tempat dan tanggal kapan penulisan surat Anda dibuat. Untuk tempat penulisan tempat dan tanggal dapat Anda tempatkan di sisi kanan pojok atas surat. Contoh: Jakarta, 30 Mei 2024. Langkah ini menunjukkan tanggal berapa surat ini dibuat.

  1. Penerima atau Tujuan Surat Dituju

Langkah ketiga merupakan langkah yang cukup berpengaruh dalam pembuatan surat izin sekolah. Surat dituju dapat dibuat dengan menyebutkan kepada pihak mana surat ini akan dituju. Perlu diketahui sebelum menulis Tujuan surat,  buatlah dahulu awalan yang sopan dalam pembuatan surat, yaitu gunakan kata “Kepada Yth”, lalu diikuti Bapak/ibu guru yang akan dituju. Bapak/Ibu Wali/Guru ini biasanya akan dituju ke wali kelas dan guru yang mengajar di kelas.

  1. Salam Pembuka yang Sopan

Sebelum memulai menulis isi surat, buatlah kata salam yang sopan. Gunakan kata yang sopan untuk salam pembuka, yaitu Dengan hormat, Saya sebagai murid hal tersebut guna memberikan sebuah penghormatan kepada tujuan/penerima surat Anda.

  1. Isi Surat yang Jelas Tujuannya

Langkah ini merupakan langkah yang cukup inti dalam pembuatan surat, hal tersebut dikarenakan isi surat memberikan kejelasan serta alasan kenapa siswa tidak mengikuti pembelajaran di kelas. Anda dapat jelaskan kenapa Anda atau siswa tidak mengikuti pembelajaran secara singkat dan jelas. Sertakan kejelasan isi surat seperti selaku orang tua/wali penulis surat, lalu tuliskan identitas siswa di bawah seperti nama dan kelas siswa, serta jelaskan secara singkat alasan ketidakhadiran siswa dalam pembelajaran.

  1. Penutup yang Sopan

Berikutnya dalam penyampaian salam penutup pada surat izin sekolah, sampaikan kata-kata yang sopan serta singkat. Sampaikan ucapan terima kasih atas perhatiannya dan harapan Bapak/Ibu Wali/Guru dapat memberikan izin serta memaklumi izin siswa tersebut.

  1. Tanda Tangan

Langkah terakhir dalam pembuatan surat, Anda dapat berikan Nama jelas dan tanda tangan orang tua atau wali bentuk otentikasi surat. Untuk tempat tanda tangan, Anda dapat ditempatkan tepat di bawah sekali di dalam surat.

Kesimpulan

Pihak Sekolah yang baik dan benar akan sangat selalu berharap kedatangan para siswa dan mengikuti pembelajaran, Sehingga penting juga pihak sekolah mengetahui atau memastikan siswa yang tidak ada kabar atau tidak hadir kepada orang tua atau wali dan pihak sekolah. Dengan cara dan langkah yang baik dan benar, Anda dapat membuat surat izin sekolah yang tepat serta efektif. Semoga penjelasan saya dapat bermanfaat serta menjadi ilmu baru sehingga dapat membantu Anda dalam membuat surat izin yang sesuai dan tepat!